Breaking News

Wisata Alternatif di Pantura Subang






SUBANG - Panasnya matahari di kota yang disebut kota nanasi ini,  membuat saya merencanakan pergi  berlibur ke pantai utara milik Kabupaten Subang, tepatnya di Pangerangan, Pamanukan. Daerah tersebut memang identik dengan pantai dan sering diserbu oleh wisatawan saat musim libur tiba. Setidaknya ada dua pantai yang sangat populer di daerah Pantura Subang, yaitu pantai Pondok Bali, dan Dermaga Patimban.

Saya tidak memilih kedua pantai tersebut karena mungkin sudah banyak orang yang tau. Dan pilihan saya jatuh kepada pantai Cirewang. Bagi warga Subang yang hoby memancing tentunya tidak asing lagi dengan pantai yang satu  ini, karena  di daerah pantai tersebut sering diadakan event mancing tahunan yang sering diselenggarakan oleh para komunitas pancing itu sendiri. Akan tetapi ada surga tersembunyi di bibir pantai pantura tersebut. Yaitu pantai Cirewang, memang pantai tersebut  tidak sepopuler pantai pondok bali dan dermaga patimban, karena untuk ke pantai tersebut, akses yang harus dilalui cukup sulit ditempuh. Terutama jalanan yang rusak berat, sebelum menuju pantai, membuat kita berpikir ulang untuk pergi kesana.

Tanah berpasir seluas hampir sekitar 500m2 ini memanjang lebih dari 1 km dari timur ke barat. Tanah timbul ini seakan menjadi penghalang alami Kampung Cirewang  dari hempasan ombak laut utara. Pantai Cirewang menurut warga sekitar, pantai tersebut dulunya tidak ada, dan baru muncul saat tahun 2000an akibat abrasi laut dan faktor  alam itu sendiri, lalu munculah pantai tersebut dan sebetulnya pantai ini bukan pantai seutuhnya akan tetapi  lebih kepada tanjung atau  teluk , karena pertimbangan nama pantai yang lebih familiar didengar oleh wisatawan, maka disebutlah pantai Cirewang.

Pantai Cirewang sendiri mulai diopreasiakan sebagai tempat wisata yaitu pada tahun 2013 dan dikelola oleh  perusahaan swasta yang  bekerja sama dengan warga nelayan sekitar. Menurut Suharsa (59) penjaga tiket sekaligus pengelola Pantai Cirewang mengatakan “mudah - mudahan dengan adanya Bupati  Kab Subang yang baru dapat lebih memerhatikan darah pinggaran seperti ini, tertuma memaksimalkan potensi wisata di Pantai Cirewang”, imbuhnya. Tidak dapat dipungkiri dengan adanya tempat wisata di daerahnya pendapatan nelayan pun lebih meningkat, selain hasil menangkap ikan, kapal nelayan sekitarpun seringkali disewakan untuk mengantarkan para wisatawan ke tanjung Cirewang.

Untuk menuju tanjung tersebut terlebih dahulu kita harus memesan tiket perahu yang tersedia di Dermaga Kampung Cirewang  harganya  kisaran 17 Ribu / Orang dan bisa naik harganya sewaktu-waktu ketika musim libur tiba. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke tempat tujuan, di dalam perjalanan kita disuguhi pemandangan hutan bakau yang begitu elok dilihat. “inilah yang membuat pantai cirewang beda dengan pantai lainya di Subang. Untuk menuju ke pantai, pengunjung harus naik perahu terlebih dahulu dan melewati hutan bakau”, ujar salah satu nelayan yang perahunya saya sewa. Melihat  terlibatnya nelayan setempat saya pun makin antusias untuk pergi ke Pantai tersebut, selain ingin menikmati pemandangan dan melepaskan penat sejenak ternyata kehadiran wisatawan dapat membantu perekonomian para nelayan juga loh. Selain menangkap ikan, udang, dan kepiting kini para nelayan mempunyai kegiatan baru yang dapat menambah penghasilanya yaitu antar jemput para wisatawan. “kita bagi hasil dengan pengelola dimana harga tiket 17 ribu ke kantong saya 10 ribu yah lumayan lah, apalagi saat libur tahun baru / Lebaran bisa sampai 500 ribu perhari dari hasil antar jemput wisatawan”, ungkap salah satu nelayan.

Sesampainya di Pantai Cirewang, Dermaga Bambu pun menyambut saya, dan langsung disuguhi pemandangan yang berbeda dari pantai lainya. Pasir pantai yang terhampar dengan dihiasi kerang-kerang yang menjadi pijakan kaki, ditambah pepohonan bakau yang telah mati membuat keindahan tersendiri yang mengharuskan kita  berlama-lama di tempat ini. Sayangnya untuk menuju tempat seindah ini harus melalui jalan yang berbanding terbalik dengan keindahan tempatnya. Warga kampung Cirewang sendiri berharap kepada pemerintah agar akses menuju pantai tersebut dibenahi, selain agar makin banyak pengunjung yang datang wargapun berharap Kabupaten Subang makin terkenal akan keindahan wisatanya.


PENULIS : Andre Tegar

Tidak ada komentar