Breaking News

Nikmatnya Sate Legendaris Bandung




Sate, kuliner satu ini merupakan khas Indonesia yang setiap orang pasti suka. Di Indonesia sendiri banyak sekali sate dengan berbagai rasa yang tentunya berasal dari berbagai daerah. Seperti sate Hadori, sate legendaris yang menjadi favorit warga Bandung karena rasanya yang luar biasa.
Warung sate Hadori berada di belakang stasiun Bandung pintu Selatan atau tepatnya di dalam terminal Stasiun Hall. Kita bisa keluar dari pintu Selatan kemudian melewati jalan kecil di belakang tugu kereta api.  Tak jauh dari pintu kecil itu, ada sebuah warung dua lantai yang tertera papan bertuliskan 'Sate Hadori'. Terlihat pembakaran sate yang panjang sate dengan semerbak wangi daging yang tercium dari kepulan asapnya. 

Sementara memasuki kedai sate Hadori, dibalik pintu langsung disambut dengan meja besar yang berisi tumpukan daging yang sudah ditusuk dengan tusukan sate dari bambu. Dibagian atasnya tergantung paha daging kambing. Daging kambing memang disayat langsung dari paha daging yang digantung itu. Dipotong kecil lalu ditusuk. Proses meracik ini jelas dilihat oleh pembeli. Warung sate Hadori buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga pukul 02.00, bahkan seringkali warung sate ini buka 24 jam karena pelanggan yang terus berdatangan.

Yang menjadi ciri khas  dari sate Hadorie ini yakni karena menggunakan daging kambing  betina berusia 1 - 1,5 tahun. Khususnya yang dipakai paha belakang, karena dinilai lebih empuk dari paha depan. Namun untuk yang tidak menyukai daging kambing, disini juga menyediakan daging sapi dan ayam. Selain memiliki ciri khas sate kambing, sate Hadori juga punya menu favorit yang kerap dicari pemburu kuliner yaitu sate sinereut atau has dalam kambing. Karena favorit, mereka menyediakannya terbatas setiap harinya.

Keistimewaan sate Hadori terletak di irisan dagingnya yang cukup tebal. Walaupun tebal, daging sangat empuk dan lembut saat disantap. Sate dihidangkan dalam piring dilengkapi kecap irisan bawang merah, irisan cabe dan bumbu kacang.
Satu porsi sate Hadori dihargai dari Rp 50 ribu - Rp 70 ribu. Memang terbilang cukup mahal untuk ukuran sate, namun dengan harga itu dipastikan setiap pengunjung akan kenyang menikmati nikmatnya satu porsi sate Hadori yang legendaris di Kota Bandung.
 
Rumah makan sate kambing ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1940. Adalah Kakek Inung dan Nenek Una yang memulai usaha sate kambing khas Garut di kota asalnya ini, tepatnya di Pasar Baru Garut. Setelah itu keduanya pindah ke Bandung dan berjualan sate kambing di sekitar Lapangan Tegalega. Usaha sate kambing gerobakan ini terbilang sukses hingga keduanya memindahkan usaha ke sebuah kios di dekat Stasiun Bandung.

Jadi untuk kalian yang sangat suka dengan kuliner satu ini, tidak ada salahnya mencoba warung sate legend Hadori. Kuliner sate ini bisa kita nikmati kapan saja dan dengan siapa saja. Tidak hanya untuk warga Bandung, yang berasal dari luar Bandung pun rasanya kurang afdol jika tidak mencoba makanan khas Indonesia ini. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar