Breaking News

Hujan tidak mengurungkan niat berkemah di Ranca Upas




Bandung-Wisata di Ciwidey dari dulu menjadi primadona bagi para penyuka wisata alam. Salah satu tempat yang saya dan teman-teman pilih adalah Kampung Cai Ranca Upas. Lokasinya terletak di Kabupaten Bandung Jawa Barat, lebih tepatnya setelah gerbang masuk ke objek wisata Kawah Putih. Tempat ini dikenal sebagai tempat berkemah juga penangkaran rusa.

Begitu saya sampai di area perkemahan pada siang hari, saya disuguhi oleh langit yang mendung. Langit yang mulai gerimis dan itu tidak mengurungkan niat kami untuk berkemah disini. Kami segera pergi ke loket masuk dan membayar tiket masuk untuk berkemah. Harga tiket masuk kawasan ini sebesar Rp. 15.000/orang, sedangkan harga biaya untuk berkemah sebesar Rp. 10.000/orang/malam.

Waktu kami datang di area perkemahan, kami melihat masing-masing area perkemahan sudah banyak terisi. Kami memilih jalan yang agak tinggi dekat dengan danau dan jalan, dengan pertimbangan tempatnya tidak becek karena ada rumput disekitarnya. 

Saya bersama teman-teman pun mulai mencoba mendirikan tenda dibantu oleh petugas yang ada disana. Hingga malam hujan masih setia mengguyur tempat ini, jadi saya dan teman-teman tidak keluar tenda dan terus memakai selimut.

Syukurlah, ketika pagi hujan pun reda. Saya dan teman-teman memilih untuk mengunjungi penangkaran rusa. Masuk ke area ini gratis, karena masih dalam area perkemahan, cukup beli kangkung yang harganya Rp.5000/ikat atau wortel yang harganya Rp. 10.000/ ikat. Saya dan teman-teman sangat senang dan menikmati untuk memberi makan para rusa yang kelaparan.

Selesai memberi makan para rusa, giliran perut kami yang kelaparan. Beruntungnya, ditempat ini banyak yang berjualan makanan, jadi kami tidak perlu khawatir akan kelaparan. Kami pun memutuskan makan mie rebus di salah satu warung yang berjajar diarea tersebut.

Selesai makan, kami kembali ke tenda tempat kami berkemah dan menikmati sebentar pemandangan di sore hari. Ranca Upas memang terbukti pemandangannya yang menyejukkan mata, saya dan teman-teman begitu menikmati keindahan alam yang ada.


penulis : citra mega



Tidak ada komentar